Percetakan Digital vs Offset

Adiograf – Solusi Percetakan Anda
14/05/2019
Adiograf – Layanan Cetak Digital Terbaik Jakarta
21/05/2019

Adiograf – maraknya percetakan digital beberapa tahun terakhir menimbulkan banyak pertanyaan terhadap percetakan offset. Banyak pihak yang menilai, percetakan offset akan kehilangan pangsa pasarnya karena percetakan digital. Sejauh ini, percetakan digital dan percetakan offset memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan ini pula yang akan menjadi kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Percetakan digital adalah jenis percetakan yang bisa digolongkan berkembang akhir-akhir ini. Kelebihan yang ditawarkan percetakan ini adalah biaya cetaknya yang lebih murah hingga 1.000 eksemplar karena tidak menggunakan plat serta kecepatan produksinya yang memungkinkan selesai dalam waktu singkat. Selain itu, akurasi cetakan berdasarkan proof juga bisa tercapai karena mesin digital mampu mencetak detail dengan baik. Namun, kekurangan mendasar dari mesin digital adalah tidak semua ukuran kertas bisa dicetak. Begitu juga dengan jenis tinta karena seringkali ditemui crack pada hasil cetakan mesin digital. Terlebih, jika kebutuhan cetak sangat banyak (diatas 1.000 eksemplar), maka biaya yang dikeluarkan jika dibandingkan dengan mesin offset akan jauh lebih mahal.

Percetakan offset adalah jenis percetakan yang sudah eksis sejak beberapa dekade yang lalu. Kelebihan utama dari jenis percetakan ini adalah kualitas cetakannya yang lebih baik serta memiliki kemampuan untuk mencetak skala besar dengan harga yang ekonomis. Percetakan offset juga memungkinkan pelanggan untuk menggunakan berbagai macam jenis kertas dan finishing – finishing sesuai dengan kebutuhan. Tetapi, kelemahan utama dari percetakan offset adalah proses persiapannya yang memakan waktu panjang. Ini dikarenakan dalam proses persiapan, percetakan offset membutuhkan penyesuaian dan juga membuat plat sebagai basis pencetakan. Selain itu, proses proofing juga memakn biaya yang tidak murah menjadikan percetakan offset tidak ekonomis untuk skala kecil.

Jenis percetakan manakah yang lebih baik? Tentu tidak bisa ditentukan. Percetakan digital dan offset memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, sehingga kedua jenis percetakan ini saling mengisi kekurangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *